Di balik layar blognya Dhira

November 16, 2013

Gue mau berbagi dikit tentang proses postingan di blog gue.
Mau berbagi aja supaya kalian tau, hal-hal apakah yang gue pertimbangin dari mulai tulisan belom jadi sampe tulisan gue di publish hehe.

Buat gue, namanya posting tulisan di blog itu ga sembarangan. Gue pribadi karena orangnya rada perfeksionis tentang postingan di blog, jadinya proses sampe pada memposting tulisan gue biar di baca sama orang banyak itu, ga cepet.

Prinsip gue ketika mutusin nulis blog adalah "Postingan gue harus enak di baca sama orang lain."

 photo 11.gif photo 11.gif photo 11.gif
Nah, cara supaya tulisan gue enak di baca sama orang ya, ga cuma dari isi tulisannya aja. Tapi gue juga merhatiin dari design blog gue. Ya walaupun gue ga jago-jago amat ngedesign blog, gue usahain design blog gue itu sederhana, enak diliat, simpel. Fontnya juga gue pilih yang sederhana dan nggak meliuk-liuk jenisnya kayak cacing kepanasan. Judul tulisan, bolehlah rada meliuk dikit. Tapi font buat isi tulisan harus sederhana. Biar orang yang baca tulisan gue juga matanya ga sakit.

Ketika tulisan gue udah jadipun, ga langsung di publish gt aja. Karena gue tau tulisan gue itu tipenya panjang kali lebar alias ga dikit, gue mikir gimana caranya pembaca blog gue ga ngerasa tulisan gue kepanjangan? Salah satu cara gue adalah dengan naro emoticons yang sesuai, hampir di setiap paragraf. Jadi matanya ga terus fokus sama tulisan yang buanyak banget, tapi jadi bisa teralihkan dengan hadirnya emoticons lucu yang sesuai sama isi paragraf. Jadi ga kerasa kan, klo sebenernya kalian itu udah baca isi postingan gue yang klo di pindahin ke Microsof Word itu aslinya bisa berkisar antar tiga sampai lima halaman? Bahkan pernah sampe tujuh halaman hehe.
 photo m155.gif photo m155.gif photo m155.gif
Cara lain supaya kalian ga capek baca tulisan gue yang panjang adalah bahasa penyampaian di postingan gue harus gampang di cerna. Kenapa gitu? Karena gue sendiri ogah baca blog yang bahasa penyampaiannya susah banget gue ngerti hehe. Gue pengen tulisan gue itu ringan penyampaiannya walaupun sebenernya isinya berat. Menurut gue, klo isinya ringan, gampang di cerna, jadi gampang masuk ke otaknya. Orang jadi ga ngerutin dahi abis baca blog gue. Tapi ngerti apa maksud isi dari postingan yang gue posting.
 photo m087.gif photo m087.gif photo m087.gif
Terus gue termasuk penulis yang seneng klo tulisan gue ngalir kayak aliran sungai. Antara paragraf satu sampe akhir berhubungan ga loncat sana sini. Teratur, rapi. Berusaha merhatiin titik koma. Walaupun mungkin ga se-perfect guru Bahasa Indonesia alias masih banyak salahnya. Tapi gue berusaha supaya setiap kalimat itu ga nabrak-nabrak. Jadi yang baca enak.

Setelah selesai nulis juga, sebelum gue publish, gue liat lagi ada kata yang salah tulis ga. Gue preview dulu, kira-kira udah oke atau belum. Kadang malah, huruf 'M' kelebihan satu huruf. Langsung gue edit lagi biar bener. Satu postingan bisa bolak balik gue edit lebih dari lima kali klo ada kata yang salah atau ada yang ga sesuai. Emang yang namanya manusia, mau berusaha di edit berapa kali juga pasti masih aja ada yang salah tulis. Ya hurufnya ada yang kurang atau kelebihan, dll. Jadi kadang ada yang gue biarin sesekali klo gue pikir gak terlalu parah salahnya hehe.

Kenapa gue sampe segitunya?

Ya gue anggap itu sebagai service aja buat para pembaca blog gue.
Karena sekali lagi, postingan gue itu jenis tulisan yang puanjang banget.
Gue pikir, klo ga di atur dengan bener, kasian orang yang baca blog gue.
Klo misalnya ga gue atur sedemikian rupa, kan jadinya gini :
Udah mah tulisannya panjang, fontnya kayak cacing kepanasan meliuk-liuk, design blognya keramean atau warnanya terang banget kayak stabilo yang bikin mata sakit atau yang lebih parah ada musiknya. Orang mana konsentrasi mau bacaaa. Yang ada males duluan. Apalagi buat orang yang aslinya ga suka baca. Tulisan pendek aja belum tentu mau baca, apalagi baca tulisan gue yang panjang? Makanya gue atur banget banget blog gue biar orang jadi mau baca tulisan gue yang panjang banget ini hehe.
 photo m066.gif photo m066.gif photo m066.gif
Satu lagi, gue paling ga suka baca blog yang ada latar belakang musiknya. Gue pribadi bukan orang yang bisa baca klo ada musik. Gimana mau konsetrasi baca klo pikirann gue kebagi dua antara dengerin latar belakang musik sama baca blog? Gue nggak ngerti maksud orang yang masang musik di blognya itu buat apa? Kecuali klo isinya gambar doang, gak papa itu sih...Lah klo tulisannya puanjang banget? Udah gitu bahasanya susah di cerna? Di tambah font tulisannya meliuk-liuk? Gue pribadi langsung gue close itu blog ga jadi gue baca, terserah mau tulisannya sebagus apa juga.
 photo m052.gif photo m052.gif photo m052.gif
Makanya, gue ga akan pernah naro latar belakang musik di blog gue. Karena gue udah tau rasanya, gimana ga konstrasinya gue baca blog orang yang ada latar belakang musiknya. Gue juga ga mau dong ganggu konsentrasi pembaca blog gue ketika baca tulisan gue. Dengan alasan itu, maka latar belakang musik ga akan pernah gue pasang di blog gue. titik.

Hal lain yang gue perhatiin di dalem tulisan gue adalah gue ga akan pernah mau copy-paste artikel. Klopun gue nemu artikel bagus, pasti gue ambil intinya, terus gue ceritain apa yang gue tangkep dari artikel yang udah gue baca itu. Jadi lebih menceritakan kembali pake bahasa gue sendiri artikel yang udah gue baca beserta sumber di mana artikel itu berasal. Bukan murni copy-paste artikel. Maaf banget ya, gue sendiri soalnya ga begitu hobi baca blog yang isinya cuma copy-paste artikel. Menurut gue ga kreatif aja. Buat apa blognya di buat klo isinya cuma copy-paste artikel dari web lain? Mendingan baca langsung dari website aslinya, kan? hehe
 photo m048.gif photo m048.gif photo m048.gif
Terakhir, gue lebih suka klo tulisan-tulisan gue itu isinya pengalaman gue sendiri dan diceritakan dengan bahasa gue sendiri. Jadi ketika orang baca tulisan gue, langsung bisa kebayang karakter gue itu kayak apa. Orang yang kenal gue langsung tau dengan baca tulisan gue doang, klo itu gue yang nulis. Di dalem tulisan gue, pembaca harus kebayang gue itu kayak gimana orangnya. Karena semua cerita tentang gue, karakter gue dalam setiap tulisan gue harus keluar semuanya. Biar feelnya dapet gitu loh hehe.

So, kawan-kawan, nanti klo kalian ketemu gue di dunia nyata, karakter gue ga akan jauh beda kok sama tulisan-tulisan gue di blog. Karena di blog ini, gue nulis apa adanya gue itu kayak gimana. Gimana gue bersikap, gimana gue bereaksi, gimana jalan pikir gue, semuanya hehe.
 photo m027.gif photo m027.gif photo m027.gif
So, hal-hal di ataslah yang gue pertimbangin setiap gue mau meluncurkan tulisan baru di blog. Nah, kalau kalian gimana?
 photo m009.gif photo m009.gif photo m009.gif

You Might Also Like

14 comments

  1. Setuju sama yg ga masang lagu, ganggu banget apalagi kalau kita udah nyetel playlist sendiri.
    Kita adalah pengunjung setia blog kita sendiri, jadi bikin pos yg bikin kita enjoy. :D

    Guten morgen dari Bandung.

    ReplyDelete
  2. Pokoke tulisanmu dah oke punya Nduk. Teruslah memberi yang terbaik kepada pembacamu biar jadi amal sholih untuk kamu,sayang...

    ReplyDelete
  3. Saya punya satu kesamaan dgn Mbak, kurang suka dengan blog yang latar belakangnya musik..

    ReplyDelete
  4. Gue salah satu orang yang kalau nulis paling sering banget typo :))

    ReplyDelete
  5. mbak ayo kapan-kapan ketemu yak! adain jumpa fans gitu mbak :p

    ReplyDelete
  6. monggo mba mampir ke gubug [blog] saya. Semoga termasuk kriteria yg mba dhira suka..hehe

    ReplyDelete
  7. Saya tipe orang yg males baca membaca, apa lagi panjang lebar g ada arti.tapi kalo mau baca blog nya orang liat-liat judulnya,karna saya orang nya penasaran meskipun judulnya jelek mau dia panjang lebar tulisannya saya baca dengan full dan serius.termasuk punya mba dhira ini:-)

    ReplyDelete
  8. mba dhira...cara ngasih emoticon di blog gimana ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. upload aja emoticonsnya di photobucket. terus copy urlnya di blog hehe

      Delete
  9. woooww dapet inspirasi lagi nih.. nulis blog emang gampang2 susah yaa. butuh kesabaran kalo bener2 pengen cakepp

    ReplyDelete
  10. hahaha tertohok karena ane pasang musik di blog hahaha...hadooo gara" nie postingan jadi insyaf saja dah bener" juga bisa jadi bisa jadi

    ReplyDelete
  11. ngek ngok,,, saya tu ya,, kalo bayangin dialog---minta ampun dah panjangnya, tapi begitu mau nulisinnya,,, jyahhhh,,, bubar deh tu obrolan di awang-awang tadi. (perlu banyak latian hehe)

    ReplyDelete
  12. Oh gitu toh, oke akan Aku coba praktekan. Intinya jadi diri sendiri, sehingga orang bisa melihat karakter kita hanya dengan membaca tulisannya. Nice, jadi ngojek payung gak ini?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Follow me on IG : @nadhiraarini